100 Most Beautiful Secret Areas in China

100 Most Beautiful Secret Areas in China

B. Indonesia mau nanya nih buat kakak kakak yang sudah SMA atau MA. Apakah ada perbedaan tentang pelajaran bab yang dipelajari di SMA ataupun MA? apakah buku paket dan buku lks nya sama? Tolong jangan copas dari google ya, soalnya saya sudah search tapi belum ketemu yang pas (saya mau beli buku inti materi tapi tulisannya inti materi SMA, sedangkan saya mendaftar MA takutnya beda gitu dan saya rugi)

Terima kasih!​

mau nanya nih buat kakak kakak yang sudah SMA atau MA. Apakah ada perbedaan tentang pelajaran bab yang dipelajari di SMA ataupun MA? apakah buku paket dan buku lks nya sama? Tolong jangan copas dari google ya, soalnya saya sudah search tapi belum ketemu yang pas (saya mau beli buku inti materi tapi tulisannya inti materi SMA, sedangkan saya mendaftar MA takutnya beda gitu dan saya rugi)

Terima kasih!​

بِسْـــمِ اللَّهِ الرَّحْمَــنِ الرَّحِيْمِ

SMA merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Atas. SMA adalah sekolah umum dimana pelajaran merupakan pelajaran umum dan sesuai jurusan. Sedangkan MA merupakan singkatan dari Madrasah Aliyah. MA bisa dibilang sekolah khusus untuk pelajar yang beragama Islam.

Di MA pelajaran agama lebih banyak daripada sekolah lain. Lalu, apakah SMA tidak belajar agama? Tentu saja belajar, tapi pelajaran agama Islam digabungkan menjadi satu yang dinamakan PAI (Pendidikan Agama Islam).

Kalau masalah buku tergantung jurusan sih. Misalnya kamu jurusan IPA maka pelajaran SMA dan MA akan sama, paling ntar yang beda di pelajaran agama Islam yang wajib, seperti Al-Qur'an dan Hadits, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. Di SMA tidak belajar semua itu, tapi materi dari mapel-mapel itu digabungkan menjadi satu mapel, yaitu PAI. Beda lagi kalau kamu ngambil jurusan agama, maka buku yang kamu gunakan akan berbeda dengan buku yang digunakan di SMA karena pelajaran di SMA cuma 1. Di MA, jika kamu mengambil jurusan agama, kamu akan mempelajari 5 mapel agama wajib serta mapel agama peminatan pada jurusanmu. Contohnya seperti Ilmu Kalam, Ilmu Hadits, Ushul Fiqh, Nahwu Shorof, Kitab kuning, Sastra Arab, dll. Kalau untuk jurusan umum; seperti IPA, IPS, dan Bahasa; sepertinya akan sama antara MA dengan SMA.

وَاللَّهُ عَالَمُ بِاالصَّوَافَ

[answer.2.content]